Review XP SP3 vs Vista vs se7en

Spesifikasi Minimal
- Windows XP SP3
Dari segi kebutuhan hardware minimal, Windows XP tidak memerlukan spesifikasi yang tinggi. Komputer jadul temenku ajja dengan kecepatan 600 MHz, memory 128 MB, VGA dengan resolusi 800 x 600, kapasitas Hardisk 10 GB dengan partisi untuk Windows XP SP3 sebesar 5 GB dan CD-ROM drive.

- Windows Vista SP1
Windows ini memiliki slogan "WOW". Dari sini ajja kita uda bisa memperkirakan spesifikasi yang dibutuhkannya. Dari informasi yang saya dapatkan, kebutuhan minimal untuk Windows Vista adalah processor dengan kecepatan 1 GHz, memory 1 GB, VGA yang mendukung DirectX 9.0 dan WDDM support untuk menjalankan fitur aero dengan memory VGA 128, partisi kapasitas Hardisk minimal untuk Windows 15 GB dan DVD-ROM.

- Windows 7 RC1 32 bit
Spesifikasi Windows Se7en sebenarnya tidak jauh beda dengan Windows Vista. Jika komputer anda bisa menjalanka Vista dengan baik, maka dapat diapstikan saat anda menggunakan Windows 7 juga, pastinya akan berjalan dengan baik juga. Dari informasi yang saya dapatkan kecepatan processor 1 GHz, memory 1GB, VGA dengan DirectX 9.0 dan memory 128 MB WDDM, partisi Hardisk minimal 16 GB dan DVD-ROM.


User Interface
- Windows XP SP3
Dimulai dari Windows XP, Microsoft melakukan perubahan besar pada user interface Windows XP. Windows ini memiliki tampilan yang lebih friendly dan tidak kau jika dibandingkan dengan Windows versi sebelumnya. Beberapa efek seperti drop shadow dan lainnya muncul pada tampilan Windows XP. Jika dibandingkan dengan Windows Vista dan Windows Se7en, Windows XP memiliki tampilan standar yang paling simple.

- Windows Vista SP1
Windows Vista memiliki tampilan yang sangat megah jika dibandingkan dengan Windows XP. Pantas saja spesifikasi minimal yang dibutuhkan untuk Windows ini sangat tinggi. Banyak fitur "wah" yang ditampilkan pada Windows ini. Beberapa diantaranya adalah Windows Flip 3D, translucecy effect (Glass), Live thumbnails, Window animation, dll. Defaultnya tampilan Windows Vista memiliki 4 pilihan, yaitu Windows Aero, Vista Standard, Vista Basic, dan Windows Classic.

- Windows Se7en RC1 32bit
Windows ini memiliki tampilan mewah tapi simple. Aero pada Windows ini lebih padat tapi simple. Efek Glass dan translucency dari Windows ini terlihat lebih menawan. Setiap kita membuka program yang sama lebih dari 1 juga akan otomatis di Group sehingga memudahkan kita me'manage'nya. Fitur lain yang lebih asyik adalah saat kita berpindah program. Biasanya untuk berpindah program dengan keyboard kita menggunakan tombol Alt+Tab, nah sekarang coba tekan tomblo windows+Tab, lihat perubahannya.
Perubahan lainnya terdapat pada program bawaan yaitu Wordpad dan Notepad. Kalo dilihat2 sekilas program ini tampilannya mirip Office 2007.


Spesifikasi Komputer saya saat ini,
- Intel Pentium D 2.8 GHz
- RAM 1 GB
- VGA ATI Radeon X600 128 MB (terbaca 256 MB)
- Hardisk Maxtor 80
Posted on 7:47 PM by Angga and filed under , | 0 Comments »

0 comments:

Post a Comment