Install Windows XP di Laptop Compaq Presario V3000

Pada dasarnya laptop ini bawaannya adalah Windows Vista, karena Hardisk'nya berupa AHCI/SATA. Jika pada Laptop Acer kita dapat mengganti mode AHCI ke IDE, pada laptop Compaq varian Presario dan seri 3000an utamanya, tidak ada setting BIOS yang mengizinkan kita mengganti mode AHCI/SATA ke IDE.
Nah .. salah satu solusinya adalah dengan menggunakan Windows XP Black Edition USA. Tapi klo gak suka dengan tampilan Windows XP Black Edition USA, kita dapat menyertakan driver AHCI pada installer Windows XP'nya. Kita bisa menggunakan nLite untuk membundling driver AHCI/SATA dengan windows XP. Artinya nanti dari hasil bundlingnya itu kita bisa bakar ke CD ato jadiin file image. Klo aku sendiri sih mending dibakar ajja.

Tutorials nLite'nya liat di sebelah ajja yah ...

Nah, masalah berikutnya setelah berhasil menginstall Windows XP ke dalam laptop ini adalah driver. Bawaannya ni laptop juga gak punya driver buat XP, jadi kita mesti sedikit mengakalinya ..
Untuk drivernya, silakan bisa diambil dari link berikut ini,
Compaq Presario V3000

Masalah yang biasanya terjadi pada instalasi driver Compaq Presario V3000 adalah pada Audio/Sound'nya. Untuk driver lainnya seperti VGA, wifi, dkk. proses instalasinya seperti biasa.
Untuk Audio/Sound device, langkahnya adalah install Microsoft Universal Audio Architectur (MUAA), setelah itu baru Conexant High Definition Audio driver. Saat muncul pesan error saat kita menginstall Conexant High Definition Audio, kita biarkan saja. Kita gunakan cara manual untuk instalasi Audio/Sound device'nya. Langkahnya,

* Masuk ke device manager dengan cara klik kanan di My Computer, trus pilih Hardware, pilih device manager (aku lupa-lupa ingat soalnya uda pakek windows 7, hhe ..) ato dengan cara mudah ajja dengan cara klik start -> run -> ketik: devmgmt.msc -> Enter
* Klik kanan pada Audio device on High Definition Audio Bus kemudian klik Update
* Muncul Windows hardware Update Wizard, -> pilih Install from a list or specific location (advance)
* Muncul windows berikutnya, pilih :
- Dont Search. I will choose the driver to install.Klik Next
* Muncul Windows berikutnya, dalam pilihan Common hardware types, pilih :
- sound video and game controllers -> Klik Next -> Klik HAVE A DISK -> KLIK BROWSE
- Cari file hasil Extract Install Audio defaultnya di C:\swsetup cari file wis30b2a.inf -> Klik Open, lanjutkan instalasi ampe selese.

Untuk install Modem, klo misalnya error, kita lakukan update driver manual seperti langkah sebelumnya.


Klo mau lebih gampang, sebelum diinstall Windows XP, kita back up dulu drivernya menggunakan Double Driver ato software back up driver lainnya. Tapi kalo menurutku sih lebih enak pake Double Driver, selain sebagai tanda cinta produk dalam negeri, proses backup dan extractnya mudah banget.

Thx untuk diri gw sendiri .. wakakakakak~
Posted on 4:53 PM by Angga and filed under , , | 0 Comments »

0 comments:

Post a Comment