2 Alasan Kenapa Orang Melakukan Copas di Blog

Copy Paste alias Copas dalam hal blogging saat ini mungkin menjadi hal biasa. Anda dapat melihat ketika memasukkan kata kunci di google. Banyak blog yang menampilkan artikel sama persis satu sama lain. Hal ini jelas sangat memberikan dampak buruk bagi si pembuat artikel utama. Karena bisa jadi pengunjung lebih memilih membaca blog tetangga yang sebenernya artikelnya hasil copas daripada mengunjungi blog yang artikelnya asli dibuat pemilik blog. Berikut ini saya coba rangkum alasan2 orang melakukan copas dilihat dari sudut pandang yang netral.

1. Sebagai dokumen pribadi.
Sekian diantara orang yang memiliki blog, beberapa diantaranya menjadikan blog sebagai dokumen pribadi. Jadi setiap ilmu yang mereka ketahui dan ilmu yang ingin mereka pelajari, mereka taruh atau simpan di blog mereka. Tujuannya untuk mempermudah supaya ketika suatu saat membutuhkan informasi, mereka tinggal masuk ke blog mereka sendiri. Orang yang melakukan copas seperti ini biasanya mencantumkan sumber informasinya di bagian bawah artikelnya. Supaya saat kesulitan mempelajari artikel yang telah di copas tadi, mereka dapat mengunjungi blog asal artikel tersebut.
Cara seperti ini merupakan bentuk dari simbiosis mutualisme dimana orang yang membuat artikel asli juga tidak merasa dirugikan hak intelektualnya karena sumber blognya dicantumkan dengan jelas.

2. Meningkatkan Traffic alias monetized
Kalo yang ini sudah jelas orang melakukan copas hanya untuk meningkatkan traffic blognya. Tujuannya sangat jelas sekali untuk membuat posisi mereka di search engine terdongkrak, kalau terdongkrak otomatis trafficnya juga akan naik, kalau traffic naik otomatis peluang mendulang $ dari blog yang mereka buat akan semakin lebar.
Cara seperti ini merupakan cara curang karena orang yang membuat artikel akan merasa dirugikan hak intelektualnya.

Sekarang pertanyaannya, tipe blogger seperti apakah anda?
Posted on 7:17 PM by Angga and filed under | 0 Comments »

0 comments:

Post a Comment